beritadunesia-logo

Provinsi Sumatera Barat

LogoNama Resmi : Kabupaten Dharmasraya

Ibukota : Pulau Punjung

Bupati : Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E

Wakil Bupati :  H. Amrizal Dt Rajo Medan, S.Sos

Luas Wilayah: 2.961,13 km²

Jumlah Penduduk:  170.440 Jiwa

Wilayah Administrasi:Kecamatan : 4

Alamat Kantor: Jl. Lintas Sumatera km.04 Pulau Punjung

W : www.dharmasraya.go.id

 

Sejarah

Dharmasraya diambil dari nama sebuah kerajaan yang pernah berkuasa setelah kejatuhan kerajaan Sriwijaya di abad 13-14. Kerajaan ini mencakup wilayah Sawahlunto hingga Muara Bungo, Jambi. Terkenal dengan rajanya yang bernama Shri Tribhuanaraja Mauliwarmadewa (1270-1297)yang mengawini Puti Reno Mandi, cucu dari Rajo Nan Alam raja istana Bungo Satangkai di kawasan itu.

Perkawinan mereka menurunkan anak yang dikenal dengan nama Dara Jingga atau Bundo Kanduang[rujukan?], ratu setempat yang menikah dengan panglima Singhasari bernama Adwaya Brahman. Mereka ini yang menurunkan Arya Adhityawarman atau Dang Tuanku. Daerah Dharmasraya inilah yang menjadi wakil Raja Majapahit di pedalaman Sumatera.

Kabupaten Dharmasraya merupakan salah satu dari 3 kabupaten baru hasil pemekaran di Sumatera Barat berdasarkan Undang-Undang Nomor 38 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Solok Selatan dan Kabupaten Pasaman Barat di Propinsi Sumatera Barat, yang merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, dan diresmikan pada tanggal 7 Januari 2004.